Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Tujuan dari Kompensasi

Sebetulnya, apakah yang dimaksud dengan kompensasi (compensation)? Pemahaman kompensasi ialah semua imbalan yang di terima oleh seseorang pekerja atas layanan atau hasil kerjanya pada suatu organisasi/ perusahaan di mana imbalan itu bisa berbentuk uang atau barang, baik langsung atau tidak langsung.



Kompensasi berbentuk uang, berarti pekerja itu dibayar beberapa uang kartal atas tugasnya. Sedang kompensasi berbentuk barang, berarti pekerja itu dibayar dengan barang spesifik atas jasanya.

Arti kompensasi begitu terkait dengan imbalan-imbalan finansial (financial reward) yang dikasihkan pada seorang atas basic jalinan kerja. Umumnya kompensasi dikasihkan berbentuk finansial (uang) sebab pengeluaran moneter yang dikerjakan oleh satu organisasi.

Pemberian kompensasi yang baik pada pekerja/ karyawan akan memberi efek positif pada suatu organisasi, salah satunya:


  • Meningkatkan karyawan untuk berprestasi serta kerja lebih giat 
  • Perusahaan mendapatkan pekerja yang berkualitas baik 
  • Mempermudah proses administrasi serta segi hukum 
  • Jadi daya pikat buat pencari kerja yang berkualitas 
  • Perusahaan mempunyai keunggulan sendiri di banding pesaing 
  • Pemahaman Kompensasi Menurut Beberapa Pakar 

Supaya lebih mengerti apakah itu kompensasi, jadi kita bisa mengacu pada opini beberapa pakar di bawah ini:

1. Sedarmayanti 

Menurut Sedarmayanti (2011:239), pemahaman kompensasi ialah semua hal yang diterima oleh karyawan menjadi balas layanan kerja mereka.

2. Husein Umar 

Menurut Husein Umar (2007:16), pemahaman kompensasi ialah semua hal yang di terima oleh pegawai, baik itu berbentuk upah, gaji, stimulan, bonus, premi, penyembuhan, asuransi dan sebagainya, serta sejenisnya yang di bayar langsung perusahaan.

3. Wibowo 

Menurut Wibowo (2007:461), makna kompensasi ialah kontra prestasi pada pemakaian tenaga atau layanan yang sudah dikasihkan oleh tenaga kerja pada perusahaan.

4. Andrew F. Sikula 

Menurut Andrew (di kutip oleh A. A. Anwar Prabu Mangkunegara 2009:83), pemahaman kompensasi ialah semua hal yang dikonstitusikan atau dipandang seperti satu balas layanan atau ekuivalen.

5. Alex S. Nitisemito 

Menurut Alex S. Nitisemito (1986:149), makna kompensasi ialah satu balas layanan yang dikasihkan oleh perusahaan pada beberapa karyawannya yang bisa dipandang dengan uang serta memiliki cenderung dikasihkan dengan masih.

6. T. Hani Handoko 

Menurut T. Hani Handoko (2001:155), pemahaman kompensasi ialah semua hal yang di terima beberapa karyawan menjadi balas layanan untuk kerja mereka.

Kebijaksanaan Kompensasi dalam Usaha 

Dalam satu usaha atau perusahaan, kompensasi disimpulkan menjadi bentuk penghasilan berbentuk uang yang dengan cara langsung dikasihkan pada karyawan atau anggota usaha menjadi imbalan atas layanan yang telah dikasihkan pada perusahaan.

Kompensasi seringkali dihubungkan dengan upah, akan tetapi tidak semua type kompensasi bisa disebutkan menjadi upah. Ada banyak terminologi kompensasi dalam satu usaha atau perusahaan yakni:

1. Gaji atau Upah 

Gaji/upah adalah bayaran harus yang di terima karyawan dari perusahaannya. Gaji/upah terkait dengan tarif /jam, jadi makin lama bekerjanya dalam hitungan jam, jadi gaji akan makin besar atau biasa dimaksud uang lembur di luar jam kerja.

2. Stimulan 

Perusahaan umumnya memberi upah stimulan menjadi bentuk gaji di luar upah inti. Biasanya dikasihkan waktu perusahaan memperoleh keuntungan lebih atau sebab terdapatnya usaha pemangkasan cost lainnya.

3. Tunjangan 

Umumnya dimaksud keuntungan yang biasanya dikasihkan pada karyawan perusahaan berbentuk asuransi jiwa serta kesehatan, program pensiun atau yang lain.


4. Sarana 

Sarana perusahaan dapat juga disebutkan menjadi bentuk kompensasi yang berbentuk kesenangan serta kenyamanan buat karyawannya, seperti mobil, tempat gym di kantor, tempat parkir spesial buat karyawan spesifik serta yang lain.


Jenis-Jenis Kompensasi 

Setelah itu, kompensasi berdasar pada macamnya bisa dibedakan jadi 4 jenis yakni:


  • Kompensasi finansial langsung, yakni upah atau gaji yang dibayarkan sebab keharusan atau inti, contohnya bayaran inti, bayaran intens berbentuk bonus serta komisi. 
  • Kompensasi finansial tidak langsung, yakni kompensasi berbentuk bayaran di luar keharusan. Perusahaan memiliki hak memberi ataukah tidak memberi kompensasi penambahan ini buat karyawannya terkecuali bila memang diperlukan seperti cuti kehamilan. 
  • Kompensasi non financial, yakni kompensasi yang dikasihkan cuma bila anggota dapat mengakhiri pekerjaan rintangan serta dapat sampai tujuan perusahaan lewat cara inovatif. 
Kompensasi ialah bentuk penghargaan buat karyawan atau anggota perusahaan yang terpenting untuk memperoleh kebijaksanaan spesial. Tanpa kompensasi dapat turunkan nilai sdm dalam perusahaan sebab menyusutnya ketertarikan serta ambisi untuk berkompetisi.

Ditambah lagi bila upah inti yang dikasihkan perusahaan tidak cocok dengan effort pekerja. Pasti akan banyak karyawan yang pilih mencari pekerjaan lainnya. Walau sebenarnya mengambil pegawai baru itu lebih susah dibanding meningkatkan apakah yang telah dipunyai perusahaan.

Arah Memberi Kompensasi 

Tersebut beberapa arah diberikannya kompensasi untuk karyawan:


  • Bentuk penghargaan buat karyawan 
  • Menjadi agunan keadilan upah karyawan 
  • Menjadi usaha untuk menjaga karyawan serta kurangi turnover 
  • Untuk memperoleh karyawan yang berkualitas 
  • Usaha untuk pengendalian cost 
  • Untuk penuhi peraturan-peraturan perusahaan pun nasional 

Lewat kompensasi, bagaimana satu usaha atau perusahaan bisa disebutkan dapat sampai kesuksesan satu skema yang telah dibikin? Apakah kriterianya? Satu perusahaan dapat disebutkan sukses dalam sampai skema cuma bila sampai di bawah ini:

Perusahaan dapat menjaga individu-individu yang mumpuni serta berkualitas
Perusahaan dapat sampai tujuan serta arah bertambah cepat dari yang direncanakan
Memberi spektrum yang lebih luas pada tingkah laku dari semua anggota perusahaan
Tercapainya keadilan atau kesamaan buat semua karyawan tanpa ketimpangan
Sama dengan ketetapan ketentuan pada suatu lokasi (contohnya UMR).
Artikel lainnya: Pemahaman Susunan Organisasi

Persyaratan Pemberian Kompensasi 

Pemberian kompensasi tidak dapat sembarangan serta mesti dibarengi pertimbangan yang mempunyai basic. Kebijaksanaan pemberian kompensasi pada suatu perusahaan didasarkan atas beberapa hal di bawah ini:

1. Harga atau Nilai Pekerjaan 

Penilaian harga pekerjaan mesti jadi prioritas penting dalam memastikan aksi kompensasi seperti apakah yang perlu direncanakan perusahaan. Penilaian harga pekerjaan bisa didasarkan atau dua perihal. Pertama, berdasar pada type ketrampilan satu pekerjaan, tingkat resikonya serta kerumitannya.

Ke-2, dengan lakukan survey harga kompensasi dari organisasi lainnya yang dapat jadikan patokan untuk memastikan harga. Survey harga itu terpenting untuk menjaga karyawan yang qualified dari peluang pengunduran diri.

2. Sitem Kompensasi 

Skema kompensasi bisa dikerjakan lewat dua perihal, yaitu sebab prestasi serta sebab waktu. Anda menjadi pimpinan perusahaan bisa memberi kompensasi atas basic prestasi yang dapat diraih karyawan seperti perolehan tujuan. Kompensasi prestasi membuat karyawan Anda akan berlomba untuk membuahkan yang terunggul supaya memperoleh bonus.

Akan tetapi, pada perusahaan spesifik susah untuk memastikan kompensasi lewat prestasi, dapat disiasati dengan lewat skema waktu. Jadi karyawan cuma akan memperoleh bonus saat kerja melewati waktu, contohnya uang lembur.

Itu banyak hal tersangkut pemahaman kompensasi, type, arah, serta kebijaksanaannya pada suatu perusahaan atau usaha. Mudah-mudahan berguna.

Post a Comment for "Pengertian dan Tujuan dari Kompensasi"